Rabu, 05 Maret 2014

Pemda Bengkulu Selatan Kelola PBB Mulai Th 2014

Mulai tahun ini, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Bengkulu Selatan , resmi dikelola Pemda yang sebelumnya ditangani oleh Kantor Pajak Pratama (KPP). Saat ini, warga BS yang ingin membayar PBB-P2 bisa langsung datang ke kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bengkulu Selatan .
“Selama ini PBB-P2 dikelola langsung oleh pusat dan dikembalikan ke daerah melalui dana perimbangan yang masuk ke APBD Bengkulu Selatan.
Tahun lalu dari PBB-P2 Bengkulu Selatan diperoleh Rp 3 miliar. Tapi dikembalikan Rp 15 miliar oleh pusat.
Artinya BS mendapat tambahan dana untuk pembangunan. Tapi mulai tahun ini PBB-P2, daerah yang mengelola dan ini kerja keras bagi daerah,” ujar Bupati Bengkulu Selatan H. Reskan Effendi, SE saat memberikan sambutan launcing pengalihan PBB-P2 di Gedung Reptaloka Kantor Bupati Bengkulu Selatan , Senin 3 Maret 2014.
Lanjut Reskan, sumbangsih yang diberikan Kabupaten Bengkulu Selatan dibanding kabupaten dan daerah lain di Indonesia, dinilai masih kecil.
Dengan adanya sistem pengelolaan pajak yang baru ini, membuat Pemda harus bekerja lebih keras untuk menutupi dana hasil PBB-P2 yang selama ini diberikan oleh pusat.
“Perlu kerja keras dan pendataan kembali nilai PBB-P2 yang ada di Bengkulu Selatan.
Ketua RT, Kades, Lurah selaku ujung tombak pemerintahan, lebih proaktif lagi untuk mensosialisasikan wajib membayar PBB-P2. Sehingga peningkatan dari sektor pajak di Bengkulu Selatan meningkat.
Pajak yang dibayar warga juga untuk mendukung pembangunan di Bengkulu Selatan ,” jelas Reskan dihadapan Ketua RT, Kades dan Lurah yang hadir.
Launcing pengalihan PBB-P2 di Kabupaten Bengkulu Selatan juga dihadiri dari pihak KKP dan Direktur Utama Bank Bengkulu, H. Wimran Ismaun.
Kehadiran Wimran ini dikarenakan Pemda Bengkulu Selatan menggelar kerjasama dengan Bank Bengkulu terkait pengelolaan PBB-P2.
Usai launcing yang ditandai dengan pemukulan Dol ini, langsung dilakukan penandatangan kerjasama antara Bank Bengkulu-Pemda Bengkulu Selatan.
Dalam sambutannya, Wimran berjanji akan menyerahkan bantuan mobil keliling yang bisa digunakan Pemda untuk menarik PBB-P2 sebagai bukti dukungan Bank Bengkulu.
Sumber : sebagian dari RB