Sabtu, 11 Oktober 2014

Nelayan Pasar Bawah Manna Bengkulu Selatan Tangkap Ikan Hiu Raksasa

Mitra FM Bengkulu Selatan – Nelayan Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan tangkap Ikan Hiu Raksasa. Ikan hiu jenis Markoba dengan berat 1 ton, panjang sekitar 4 meter dan lebar 1,5 meter ini terkena pancing Riwai / Rawai ( Bottom Long Line ) nelayan Heri (24 th ), Mila (24) dan wiwin (26 th ).
Kami berangkat dari TPI Pasar Bawah sekitar pukul 6.00 Wib Jum’at (10/10/2014) tadi pagi, sampai di lokasi langsung mengurai tiga panncing riwai di perairan Kedurang kabupaten Bengkulu Selatan . Sekitar pukul 10.00 Wib Saat mengurai pancing riwai yang ketiga hiu itu langsung menyambar umpan pancing yang terpasang. Saking kencangnya tarikan ikan hiu itu sehingga perahu tempel ikut diseret ikan hiu raksasa tersebut ke tengah lautan,ujar Heri.
Lanjut Heri yang didampingi temannya Wiwin, karena menghalau ikan hiu raksasa itu,kedua pancing yang masih terpasang tidak sempat lagi mengangkatnya. “Setelah sekitar 6 jam kami menghalau ikan hiu raksasa itu barulah ikan tersebut lumpuh dan kehabisan tenaga. Untunglah ikan hiu ini masih hidup sehingga mempermudahkan kami menyeretnya pulang ke tempat Tempat Pendaratan Ikan Pasar Bawah, tiba di TPI Pasar bawah sekitar pukul 5.30 Wib tadi,” ungkap Heri.
Di lain pihak Andri teman se profesi dengan Heri, dia mengatakan selama ini belum pernah Nelayan di Pasar Bawah menangkap ikan hiu sebesar ini, paling – paling selama ini yang di peroleh nelayan sini beratnya sekitar 300 kg. Kalau hiu markoba yang di tangkap heri dan kedua temannya itu ada 1 ton beratnya, kata Andri.
Mitra Fm Melaporkan dari Tempat Pendaratan Ikan Pasar Bawah, setelah ikan hiu raksasa itu di bedah perutnya tampak ikan tersebut sedang beranak pinak. Setelah di hitung anaknya mencapai 40 ekor. Di perkirakan harga ikan hiu tersebut mencapai puluhan juta rupiah ( Tango )