Senin, 01 Desember 2014

Lanal Siap Amankan 16 Ribu Mil Perairan Laut Bengkulu, Bupati BS Siap Bantu

Radio Mitra FM, Bengkulu Selatan – Komandan Lanal (Danlanal) Bengkulu, Letkol Laut (P), Amrin Rosehan Hendrotomo mengungkapkan jika Lanal Bengkulu siap mengamankan Perairan Laut di Provinsi Bengkulu. Hal ini di sampaikannya kepada radio Mitra FM usai bertemu dengan Bupati Bengkulu Selatan di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Bengkulu Selatan Sabtu, (29/11/2014).
“Pertemuan dengan Bupati BS Reskan E Awaluddin ini hanyalah silahturahmi biasa,” kata Danlanal Bengkulu itu.
Terkait pengamanan Laut, bahwa pihaknya siap mengamankan Laut Bengkulu yang luas wilayah perairan lautnya 2.335 Km² dengan panjang garis pantai mencapai 525 km itu dari gangguan pihak luar.
Selain itu kata dia, “kamipun siap mengusir nelayan asing yang mau menjarah hasil laut Bengkulu. Kalau ada kapal asing yang masuk tanpa izin dan menjarah Hasil laut di Bengkulu akan kita tindak tegas. Kapalnyapun akan kita tenggelamkan, ini tidak main – main ” kata Amrin.
Di ceritakan Amrin, dari pengalaman tahun 2003 yang lalu, saat itu dirinya bertugas di laut aru Maluku. Ada kapal asing yang mereka tangkap, namun setelah di lakukan penyelidkan oleh pihaknya lalu di serahkan ke petugas kepolisian daerah itu.
Oleh pihak kepolisian pelaku di bebaskan. Menurut pihak kepolisan kata dia, pelaku tidak terbukti bersalah. “ Kalau sudah kami tangkap pasti kapal tersebut menyalahi aturan, tidak mungkin kami tangkap dan kami serahkan kepada pihak kepolisian kalu tidak bersalah,” ungkapnya.
“Kapal asing yang kedapatan masuk di perairan Indonesia, akan kita tenggelamkan,” tegas Amrin, menutup pembicaraannya.
Sementara itu Bupati Bengkulu Selatan Reskan E Awaluddin siap membantu Fasilitas yang di perlukan pihak Lanal dalam mengamankan perairan laut Bengkulu Selatan. “Kita Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan siap membantu selagi itu diperlukan guna keamanan nelayan tradisional BS dalam mencari nafkah di laut,” kata Reskan. (tango)