Selasa, 16 Desember 2014

Hadapi Natal dan Tahun Baru, Pemda Bengkulu Selatan Siaga Bencana

Radio Mitra FM Bengkulu Selatan, – Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), Dr drh Rohidin Mersyah MMA mengungkapkan Pemda BS siap mengamankan perayaan natal dan tahun baru.
Menjelang Perayaan Natal pada tanggal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 2015, hal yang juga perlu diperhatikan yakni kelancaran arus transportasi, kata Rohidin. Bahkan Wabup BS inipun mengkhususkan untuk jalur Ulu Manna-Tanjung Sakti Provinsi Sumateraa Selatan untuk selalu di pantau kemungkinan besar terjadi tanah longsor saat datang hujan.
Pasalnya selama ini di jalan tersebut rawan longsor. Untuk itu dirinya memerintahkan Dinas perhubungan dapat selalu memantau situasi jalan di lokasi tersebut saat perayaan natal dan tahun baru nanti.
“Dinas Perhubungan harus selalu pantau dan dapat memberikan informasi akurat kepada pemakai jalan agar tidak terjebak longsor,” kata Wabup.
Bahkan kepada Dinas pekerjaan Umum (PU) BS, dirinya pun minta agar selalu menempatkan alat berat di lokasi jalan Ulu Manna. Tidak hanya alat, akan tetapi operatornya. Sehingga jika longsor terjadi, alat berat dapat langsung melakukan evakuasi. Dengan begitu pengendara yang mau lakukan perjalanan untuk perayaan natal dan tahun baru baik yang ke BS maupun ke luar daerah tidak terganggu. Tidak hanya itu pihak Rumah Sakit pun diharapkan siaga, agar jika ada korban laka dapat segera diberikan perawatan, agar akibatnya tidak fatal.
“ Semua SKPD harus selalu siaga sehingga natal dan tahun baru selalu kondusif,” tutup Rohidin saat memberikan kata sambutan pada acara musyawarah menjelang operasi lilin di aula Mapolres Bengkulu Selatan Selasa (16/12).
Sementara itu, Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Abdul Muis SIK dalam pertemuan dengan wakil Bupati dan SKPD di aula Mapolres BS Selasa, (16/12) itu, Kapolores mengungkapkan saat natal dan tahun baru, pihaknya menggelar operasi lilin, serta membuat pos pengamanan (Pospam) dua unit yakni di dekat gereja jalan letnan Tukiran Pematang Bangau, dan depan sekretariat DPRD BS, selain itu juga mendirikan pos pelayanan (posyan) di Pantai pasar Bawah.
“ Untuk pengamanan natal dan tahun baru, kami melibatkan sekitar 80 personil, dan kami pun berharap dukungan semua pihak agar perayaan natal dan tahun baru tidak ada kendala dan hambatan,” demikian Abdul Muis. (Tango)