Sabtu, 31 Januari 2015

Soal Kota Madya, Bupati Dan DPRD Bengkulu Selatan Kunker ke Kota Padang Sumbar

Radio Mitra FM, Bengkulu Selatan – Dalam kunjungan kerjanya di Kota Padang Sumatera Barat. Bupati Bengkulu Selatan Reskan E Awaluddin dan DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan di sambut baik oleh Wakil Wali (Wawali) Kota Em. Zalmi dan Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muhidi, Rabu (28/1/2015).
Pada pertemuan di Aula Kantor Wali Kota Padang itu, Bupati Bengkulu Selatan Reskan E Awaluddin menyampaikan tujuan kunjungannya tersebut. Dimana kunjungan kerja (Kunker) pihaknya itu bertujuan untuk meminta petunjuk akan pembentukan sebuah Kota baru (Kotamadya) di Kabupaten Bengkulu Selatan.
“Kabupaten Bengkulu Selatan, kalau secara geografis sama seperti Kota Padang. Laut, hutan, dan kota kami punya sama seperti yang dimiliki Kota padang. Hanya saja kata Reskan, luasnya jauh lebih besar dari Kota Padang,” ungkap Bupati BS Reskan Efendi.
Lanjut Reskan, Karena Kota Padang ini sampai kini sudah 370 tahun umurnya dan sudah dibilang sebuah kota tua. Maka dengan itulah kami dari Kabupaten Bengkulu Selatan mohon petunjuk teknis pembentukan sebuah kota, dan langkah – langkah serta persyaratan apa saja yang harus kami persiapkan untuk membentuk sebuah Kota seperti Kota Padang ini, tutup Reskan E Awaliudin.
Dalam kesempatannya, wakil Wali Kota Padang Em. Zalmi hanya memamaparkan beberapa perkembangan Kota Padang dan konsep kedepan Kota Padang itu untuk menuju Kota Metropolitan.
“Umur kota padang saat ini sudah 370 tahun, awalnya kota padang ini hanya 4 kecamatan, namun saat ini sudah menjadi 11 Kecamatan,” kata wali Kota Padang Em. Zalmi.
Dilanjutkan Em Zalmi, Kota Padang mempunyai 70 % hutan lindung (HL), sementara luas Kota Padang hanya 30 % yang efektif, katanya. Pengawasan hutan di utamakan, dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) itu di prioritaskan. Daerah kami tidak banyak menarik investor. Sebab kata Wawali, uangnya nanti banyak di bawa keluar daerah dari kota Padang ini. Oleh sebab itulah kami tidak memberikan izin kepada Indomart, alfamart dan lainnya itu. Kami hanya mengenbangkan usaha-usaha yang dapat di miliki daerah dan masyarakat kami, demikan Em Zalmi.
Kunker ke Kota Padang ini yakni Bupati Bengkulu Selatan Reskan E. Awaluddin, Yevri Sudianto Ketua DPRD BS, serta anggota komisi A Rini Susanti selaku ketua komisi, berserta angotanya yaitu H Supin, H Muhajirin, Farizal, Milian Yunir, Kuswandi, Sekwan Herman Sunarya, . Kabag Tapem Drs Sudimawan, Fikri Johari kasuabag tapem, Kasat Pol PP Firman Kedatangan Rombongan dari Kabupaten Bengkulu Selatan itu disambut oleh Wakil walikota Padang Em. Zalmi, Wakil ketua II DPRD Kota Padang Muhidi, Asisten 1 Pemerintahan Wendistar, Kabag Pemerintahan Drs, Desmon danus dan SKPD kota Padang. (Tango)